Hard Disk Eksternal memang banyak beredar di pasaran. Dijual dimana-mana bahkan online, dengan harga dan jenis yang beragam. Tahu gak sih Guys, ternyata Hard Disk ada versi palsu alias KW loh! Desain yang hampir mirip dengan aslinya dapat menipu kita saat membeli. Terus gimana dong cara bedain mana Hard Disk yang asli dan mana yang palsu?

Kali ini, PemmzTechie akan kasih tau kalian ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek Hard Disk Eksternal sebelum membeli; yakni sebagai berikut:

  • Mengecek Kondisi Fisik HDD Secara Menyeluruh

Ketika membeli Hard Disk Eksternal di offline store maka kamu harus mengecek kondisi fisiknya secara langsung. Kamu harus melakukan scanning dari desain, bentuk, dan pastiknya tempat kamu membeli merupakan toko yang kredibel. Sebelumnya kamu juga bisa menonton review untuk mengetahui spesifikasi yang jelas. Kamu harus secara detail mengecek kondisi HDD yang akan kamu beli. Karena jenis yang palsu/KW di desain dengan sangat-sangat mirip.

  • Membuka Device Manager

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungkan HDD ke laptop lalu membuka Device Manager. Hal ini bertujuan untuk memastikan keaslian HDD. Jika HDD asli maka pada sub menu storage akan memunculkan nama vendor/merek dari HDD tersebut. Sedangkan bila HDD itu palsu maka yang muncul adalah nama tidak dikenal seperti product code usb device. 

  • Mengecek Kecepatan Baca/Tulis 

Hard Disk Eksternal tiruan biasa dikenali melalui kinerja atau performanya. Maka dari itu, kamu bisa mengecek kecepatan proses penggunaan HDD misalnya mencoba copy-paste file, atau menggunakan software CrystalDiskMark sebagai tolak ukur kinerja HDD. Kamu bisa membandingkan hasil antara angka yang terdapat pada CrystalDiskMark dengan kecepatan yang diklaim oleh penjual HDD atau keterangan pada box HDD. Bila barang itu palsu pastinya akan menunjukkan perbandingan dengan rentan angka yang jauh.

  • Mencoba Fitur Safely Remove Hardware 

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan fitur Safely Remove Hardware ketika HDD kamu sudah dihubungkan ke port USB Laptop/PC. Saat melakukan eject, HDD kamu harus memperhatikan notifikasi tulisan yang muncul apakah sesuai atau tidak jenis/versi USB Storage-nya dengan yang tertera di box/ spesifikasi aslinya. Kamu bisa mencurigakan HDD itu palsu bila terdapat ketidaksesuaian pada tulisan versi HDD yang muncul.

  • Mengecek Melalui Website Resmi 

Nah, yang terakhir dan paling aman buat kamu adalah membeli Hard Disk Eksternal di website atau store resmi dari vendor tersebut. Karena biasanya di official store kamu akan mendapatkan jaminan keamanan produk berupa garansi. Selain itu kamu juga bisa memastikan nomor seri dan kode produk yang bisa dicek pada situs resmi apakah HDD kamu terdaftar.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan jenis Hard Disk Eksternal dalam kondisi asli atau palsu. Buat kamu yang bingung mencari HDD Eksternal dimana, kamu bisa langsung mencarinya di website pemmz.com atau cukup klik ini ya Guys! Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kalian ya Guys!