Baru beli Hard Disk tapi sudah error? atau bahkan sudah rusak? entah karena salah pilih atau salah beli ? Tidak perlu khawatir karena kali ini ada tips bagaimana menjaga performa hardisk eksternal kamu agar tetap awet dan tahan lama, yuk simak informasi berikut ya Guys!

  • Jangan sampai Hard Disk Eksternal Terbanting 

Hard Disk Eksternal disusun dengan komponen mekanik  sehingga apabila terjatuh akan rentan rusak dan merusak komponen di dalamnya. Bahkan komponen mekanik di dalam hard disk dapat rusak dan berantakan.

  • Hindari Hard Disk Dekat Cairan

Bila Hard Disk kamu terkena cairan misalnya tertumpah/tersiram air ataupun tercebur ke dalam air, maka itu dapat mengakibatkan data-data dalam hard disk kamu dapat hilang serta merusak komponen lainnya.

  • Jauhkan dari Benda Bermagnet

Mengapa harus demikian? Hal ini dikarenakan komponen mekanik yang terdapat dalam Hard Disk dapat digerakkan secara paksa oleh magnet. Sehingga, bila didekatkan dengan benda bermagnet dapat menganggu sistem kerja Hard Disk. 

  • Mengurangi Kebiasaan Cabut-Pasang Kabel USB Hard Disk Eksternal 

Jika kamu terlalu sering mencabut dan memasang kembali kabel USB Hard Disk Eksternal kamu dapat merusak kepala konektor yang semakin menipis. Sehingga kontak antar tembaga akan tidak berjalan sempurna dan membuat pasokan listrik serta arus data terganggu.

  • Selalu Menggunakan “Safe Remove Hardware”

Dan yang terakhir dan tidak kalah pentingnya dalam merawat Hard Disk Eksternal adalah ketika selesai menggunakannya maka akan data yang belum tertulis dengan benar pada piringan hard disk. Hal ini dapat menyebabkan data tersebut masih tertinggal di dalam memori. Jika hal ini terus terjadi maka dapat merusak data yang terdapat dalam hard disk eksternal. 

So, itu dia ya Guys hal-hal yang harus kamu lakukan untuk merawat kinerja Hard Disk Eksternal kamu tetap sempurna. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kalian ya!