Laptop saat ini rata-rata dijual dengan sistem operasi Windows 10 dan populer digunakan oleh para pengguna laptop. Sejalan dengan intensitas pemakaian laptop yang tinggi, ada kalanya kinerja laptop akan semakin menurun. Laptop jadi lemot, nge-lagdan bahkan menimbulkan tanda-tanda kerusakan lainnya. Kali ini, Pemmztechie akan membagikan cara gimana kamu dapat mempercepat Windows 10 di laptop kesayangan kamu. Let’s check it out!

Pertama, kamu bisa mematikan program auto-starting saat start-up. Maksudnya yakni kamu menonaktifkan beberapa program pada Laptop/PC yang berjalan secara otomatis ketika baru dinyalakan. Hal ini dikarenakan secara tidak sadar, program yang berjalan otomatis tersebut dapat memperlambat kinerja sistem operasi laptop/PC. Kamu bisa menonaktifkan menu “auto-starting” pada pengaturan program tersebut.

Selanjutnya, yang bisa kamu lakukan adalah mematikan fitur Search IndexHal ini bisa mengurangi penurunan kinerja laptopmu yang semakin lemot. Fitur pencarian ini membantu kamu mencari data secara cepat namun ternyata secara signifikan memperlambat kinerja laptop. Maka dari itu

Disk Cache ReadyBoost yakni fitur bawaan laptop/PC yang dimanfaatkan untuk melakukan monitor program yang berjalan. Fitur ini akan menyimpan berbagai file dan libraries aplikasi tersebut ke dalam flash memory secara otomatis. Ketika kamu menggunakan flashdisk ke Laptop/PC dan mengaktifkan ReadyBooast maka Windows akan melakukan proses penyimpanan data dari SuperFetch ke flashdisk. Dengan demikian, memori sistem pada laptopmu tidak akan terlalu penuh dan bisa mendukung proses lainnya.

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar Windows 10 laptop kamu lebih efektif adalah meningkatkan kapasitas RAM dan memastikan sistem operasi Windows kamu merupakan versi terbaru. Minimal kapasitas RAM untuk Windows 10 adalah 4 GigaByte. Untuk lebih mendukung aktivitas program yang berat dan banyak, kamu bisa menambah kapasitas RAM pada laptopmu.

Dan yang terakhir, kamu harus memeriksa laptop/PC mu dari virus Malware. Virus tersebut sangat berbahaya karena dapat terus memperlambat kinerja laptop/PC kamu. Tandanya biasa ditunjukkan saat kamu baru mengoperasikan laptop, dan muncul pesan pop-up pada tampilan layar, program yang auto-starting, ataupun hard-disk laptop/PC kamu mengeluarkan suara terlalu berisik. Kamu harus terus mendeteksi virus tersebut dengan software AntiVirus/AntiMalware di laptop/PC kamu.

So, that’s it beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi Windows 10. Buat kamu yang merasa kinerja laptop sudah tidak optimal, kamu bisa segera servis laptop kamu di PemmzTechie! Eits jangan khawatir dulu, di situasi pandemi ini kamu bisa duduk diam di rumah dan laptop kamu akan dijemput oleh tim kami dengan layanan antar-jemput secara cuma-cuma untuk area Jakarta Barat. Caranya, kamu cukup menghubungi kami melalui kolom chat yang tersedia pada halaman ini atau melalui nomor WA: 085280280100/ 08999999279. Nah, disana kamu dapat memberitahu customer service kode TECHJAKBAR untuk mendapatkan layanan free pick up di area Jakarta Barat. Yuk buruan servis laptop kamu bersama PemmzTechie!