Jika masker adalah alat pelindung dari virus Corona (COVID-19), Antivirus merupakan alat proteksi bagi laptop kesayangan kamu. Antivirus merupakan senjata penting yang wajib dimiliki setiap pengguna laptop. Fungsinya yakni melindungi laptop/PC dari virus-virus yang bisa merusak seluruh sistem perangkat mulai dari data-data hingga aplikasi/software. 

Sama seperti virus yang menyerang tubuh manusia jadi penyakit, virus laptop/PC juga sama mengerikannya. Kerugian yang diakibatkan ternyata berbeda-beda karena ada banyak jenis virus laptop/PC. Maka dari itu, kali ini PemmzTechie akan bagiin informasi penting agar kamu bisa mengenal lima virus komputer yang sangat membahayakan nyawa laptop/PC kamu. Berikut informasi selengkapnya!

  • Worm

Jenis virus Worm ini sebenarnya tidak begitu berbahaya. Namun virus yang berarti cacing ini jika dibiarkan mampu menggandakan diri secara cepat dan menyerang hard disk laptop kamu terisi penuh. Biasanya virus wormakan menjangkit laptop/PC kamu yang terkoneksi dengan internet dan mempunyai e-mail. Kamu harus sering melakukan pemindaian atau scanning menggunakan software Antivirus ya Guys!

  • Trojan 

Sama seperti virus worm, Trojan juga masuk ke  komputer/laptop yang lagi online melalui e-mail. Bedanya virus Trojan memiliki kemampuan mengakses data-data di perangkatmu. Bahkan dia bisa mencuri data termasuk password dan sistem log. Nah, virus yang berperan sebagai hacker ini bisa kamu hapus dengan software Trojan remover. 

  • Black Shades

Berikutnya adalah virus mematikan bernama Black Shades yang dapat meretas perangkatmu dan mengunci data termasuk semua data/file kamu. Bahkan peretas yang mengendalikan virus ini mampu menjadi mata-mata aktivitas kamu dari webcam, mencuri data akun dan upaya peretasan lainnya. Bila virus ini sudah menginfeksi laptopmu, maka itu artinya kamu sudah menjadi korban hacker dan harus menebus bayaran kepada hacker tersebut.  Serem banget ya Guys! 🙁

  • FAT Virus 

FAT atau File Allocation Table adalah jenis virus perusak data-data yang tersimpan di perangkat komputer/laptop. Gejala perangkat kamu terjangkit virus ini adalah file-file kamu akan disembunyikan oleh virus FAT sehingga akan hilang pada tampilan folder. Salah satu penyebab ketika kamu tidak dapat menemukan file yang biasa kamu akses bisa jadi karena virus FAT.  

  • Wanna Cry 

Dan virus komputer/laptop yang paling berbahaya berikutnya adalah virus WannaCry. Kenapa ingin menangis? Karena kekuatannya yang mampu mengunci (enskripsi) file pada Hard Disk perangkatmu. Sehingga kamu tidak akan bisa mengaksesnya dan pihak yang meretas akan menuntut bayaran.

Biasanya, virus serupa akan menyerang perangkatmu melalui e-mail, browsing, website dan aktivitas menggunakan internet lainnya dan laptopmu tidak diproteksi dengan software Antivirus.  Maka dari itu penting sekali bagi kamu para pengguna laptop/PC untuk mengaktifkan software Antivirus. Dan, agar lebih aman lagi sebaiknya kamu bisa selalu melakukan back up data-data penting agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan ya Guys!

Buat kamu yang mungkin merasa laptop kamu sudah menunjukkan gejala-gejala terjangkit virus dan bingung harus gimana? Kamu bisa coba konsultasikan kepada tim PemmzTechie ya Guys! Jangan khawatir karna kami akan memberikan solusi terbaik untuk menyelamatkan perangkat kesayanganmu. Kamu bisa langsung chat dan curhatkan semua masalah perangkatmu melalui nomor berikut, WA: 085280280100/ 08999999279.