Layar laptop kamu sering tiba-tiba mati dan muncul blue screen ? Apa ya penyebabnya? Nah, hal itu bisa jadi karena ada masalah pada Hard Disk kamu loh Guys! Fungsi Hard Disk pada laptop yakni sebagai tempat penyimpanan seluruh data kamu  baik itu program, software, dokumen, foto, video dan data lain di laptop.

Maka dari itu, pentingnya peranan Hard Disk pada laptop membuat kita harus mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada Hard Disk. Sebelum kamu kehilangan data-data penting dalam laptop, berikut ini PemmzTechie merangkum beberapa tanda atau gejala Hard Disk laptop rusak yang bisa kamu pahami!

  • Blue Screen

Seperti yang disinggung sebelumnya, masalah yang sering ditemui banyak pengguna laptop adalah layar yang tiba-tiba mati dan muncul blue screenBila kamu sudah melakukan penginstalan ulang namun blue screen masih terus terjadi berarti ada yang salah pada Hard Disk kamu.

  • Kinerja Sistem Laptop Melambat

Gejala Hard Disk laptop yang rusak berikutnya adalah ketika sistem pada laptop kamu mulai bekerja secara tidak optimal. Misalnya ketika kamu sedang mengakses suatu program, mencari file ataupun menyimpan dokumen begitu lama prosesnya. Kelambatan proses kinerja pada pengoperasian laptop secara keseluruhan menjadi peringatan dini agar kamu bisa segera mengecek kondisi Hard Disk laptopmu.

  • Data File Rusak 

Ketika kamu ingin membuka suatu file pekerjaan namun tidak bisa diakses karena file tersebut rusak, maka kamu harus mengidentifikasi penyebabnya apa. Misalnya dapat dilakukan dengan pengecekan dan perbaikan melalui program deteksi virus. Bila itu bukan akibat serangan virus, yang harus kamu lakukan adalah segera menghentikan pengoperasian laptop. Gejala serupa juga bisa disebabkan akibat kerusakan pada Hard Disk laptop.

  • Hard Disk Laptop Bersuara Bising 

Gejala terakhir yang bisa kamu kenali sebagai tanda kerusakan Hard Disk laptop adalah pada suara yang dikeluarkannya. Bila Hard Disk laptop mengeluarkan suara yang berisik, kencang yang tiba-tiba muncul bisa jadi ada sesuatu yang salah. Sebaiknya, segera matikan perangkat dan lakukan pengecekan sebleum laptopmu mati total.

So, itu dia gejala Hard Disk pada laptop kamu mengalami kerusakan. Bila kamu merasa gejala itu terjadi laptopmu, jangan panik dan segera lakukan pengecekan. Kamu bisa menyerahkan laptopmu kepada PemmzTechie karena tim kami telah berpengelaman dan profesional dalam menangani segala masalah yang terjadi pada laptop. Segera bawa laptopmu kepada PemmzTechie sebelum masalah pada Hard Disk menyebar ke komponen lainnya.

Kamu bisa langsung konsultasi dahulu kepada tim PemmzTechie melalui kolom chat yang tersedia pada halaman ini atau melalui nomor WA: 085280280100/ 08999999279.