Seperti halnya alat elektronik lainnya, smartphone merupakan device yang harus kita selalu rawat dan jaga agar tetap awet. Apalagi smartphone paling sering kita bawa kemana mana dibandingkan dengan device lain, tentu kemungkinan cepat rusak akan semakin besar jika kamu tidak merawatknya baik baik.Oleh karena itu simak ulasan tips untuk smartphone agar awet.

1. Matikan Smartphone Saat Sedang Tidak Terpakai

Ponsel yang sedang tidak terpakai atau digunakan bisa dimatikan terlebih dahulu untuk mendinginkan bagian-bagian komponen seperti processor dan RAM . Smartphone layaknya manusia yang membutuhkan istirahat. Jika pemakaiannya berlebihan akan menyebabkan hp cepat panas.

2. Restart Ponsel

Lakukan restart ponsel 2 kali sehari. Restart smartphone secara rutin bertujuan untuk merefresh jaringan sistem pada smartphone yang Kamu gunakan, supaya bisa berjalan normal pada setiap aplikasinya.

3. Lakukan Scanning Jika RAM Penuh

Jika pada smartphone terlihat berat, maka problemnya bisa di RAM smartphone yang sudah penuh. Untuk menormalkannya kembali yaitu dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

4. Lakukan Pembaharuan Aplikasi

Pembaharuan aplikasi sangatlah penting. rutinlah memperbaharui setiap aplikasi  minimal seminggu sekali. Biasanya ada notification update dan apabila Kamu terkoneksi dengan jaringan wifi, akan update secara otomatis.

5. Gunakan Anti Virus

Pasang antivirus dan update secara rutin. memasang anti virus memanglah sangat dianjurkan untuk mencegah virus masuk ke smartphone melalui jaringan internet, file dan bluetooth.

6. Buang Aplikasi yang Jarang Dipakai

Memiliki aplikasi yang banyak memang sangatlah penting, tapi apabila kebanyak juga bisa membuat baterai smartphone cepat drop. Sebaiknya hapuslah aplikasi yang kira-kira jarang dipakai.

7. Selalu Gunakan Charger Bawaan Ponsel

Menggunakan charger bawaan dari ponsel sangat dianjurkan. Charger bawaan mentransfer daya ke hp dengan stkamur yang disesuaikan dari pabriknya langsung. Walaupun tersedia banyak charger yang cocok digunakan untuk smartphone, tapi kalau menggunakan yang lain selain dari pabriknya langsung, akan berakibat efek samping untuk baterai itu sendiri.

Dari Segi Hardware

1.Bodi

Pastikan kamu selalu melindungiya dengan case atau flip case yang banyak dijual dipasaran. Ini mempengaruhi perlindungan  terhadap handphone dari goresan dan benturan yang membuat handphone Kamu rusak.Pastikan kamu selalu merawat dengan cara membuka case dan membersihkannya secara rutin agar handphone Kamu tetap awet.

2. Software

Installah aplikasi sesuai kebutuhan Kamu, jangan biarkan Handphone Kamu penuh dengan aplikasi jarang kamu buka. Selain membuat penyimpanan handphone penuh , hal itu akan membuat Smartphone Kamu menjadi lambat.

3. Baterai

Jangan sampai baterai Smartphone Kamu habis hingga dibawah 10%. Usahakan untuk selalu mencharge Smartphone hingga penuh, dan yang terpenting jangan mainkan handphone sambil mengisi baterai karena itu mempengaruhi terhadap keawetan baterai.

4. Layar

Smartphone saat ini kebanyakan sudah dibekali dengan layar hard glass atau Gorilla Glass, akan tetapi apa salahnya menambahkan tempered glass atau anti gores untuk layar handphone Kamu agar perlindungan semakin optimal.

5. Kamera

Untuk Kamu yang suka selfie,kamera pada handphone tentunya menjadi hal yang sangat penting dan harus tetap dilindungi, balik lagi seperti yang saya bahas diatas, menggunakan case cover akan membantu melindungi khususnya bagian kamera Kamu, karena apabila keluar masuk saku tidak akan langsung tergores karena terlindung case  Kamu.

6. Speaker

Bagian speaker juga sering terlupakan oleh kita. Jangan pernah meletakkan Smartphone diatas TV, Radio dan sesuatu yang berbau magnet lainnya.Tips agar speaker awet adalah jangan memutar musik atau video dengan volume speaker full, maksimal 90% agar speaker tidak mudah rusak.

Semoga ulasan diatas membantu kamu merawat smartphonemu ya.