Apakah kamu merasa kan ada perubahan dengan kinerja smartphone Androidmu? Jangan panik, melambatnya performa smartphone Android tidak melulu berarti androidmu rusak.

Android merupakan sistem operasi yang modern, sehingga memiliki komponen yang lebih kompleks, oleh karena itu android juga perlu perawatan ekstra. Agar kamu tahu bagaimana cara merawat android dan Nah, berikut ini adalah tips meningkatkan performa kecepatan smartphone Android yang lemot ketika digunakan.

1.   Mematikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Tidak sedikit dari orang yang menggunakan beberapa akun Google dalam satu smartphone. Apabila upaya sinkronisasi otomatis dari akun google ini berjalan secara bersamaan, ini sudah pasti akan membuat smartphonekamu bekerja lebih berat sehingga akan menjadikan kinerja  lambat.

Kamu dapat mengatur pengaturan sinkronisasi di Settings (Pengaturan) > Accounts (Akun) > Auto-sync (Sink. Otomatis). Jika kamu yang tidak ingin mematikan sinkronisasi otomatis, maka dapat mengurangi frekuensi sinkronisasi pada aplikasi yang kamu gunakan atau juga bisa menghapus akun Google yang tidak diperlukan.

2.   Menghapus Widget yang Berlebihan

Beberapa pengguna cenderung menggunakan fitur widget dengan alasan mempermudah akses ke aplikasi yang yang akan digunakan . Namun bila lebih dari tiga widget terpasang di homescreen smartphone kamu, hal ini justru malah akan mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Jika smartphone kamu memiliki banyak widget, maka pilihlah secara bijaksana widget yang paling bermanfaat untukmu,kemudian hapus yang lainnya.

3. Meningkatkan Kinerja Smartphone Lewat Update

Salah satu penyebab lambatnya smartphone karena kurangnya optimalisasi di dalam sistem operasi. Dengan selalu mengupdate sistem operasi, smartphone akan menjadi lebih optimal. Biasanya ada beberapa smartphone yang bisa dengan otomatis memperbarui sistem operasi. Namun kamu juga bisa memperbarui seccara manual dengan cara masuk ke Pengaturan (Settings), cari Tentang Telepon (About Phone),kemudian klik Pembaruan (Software Update).

4. Periksa Memori yang Tersedia

Banyaknya aplikasi yang diunduh menjadi alasan utama mengapa kinerja smartphone Android semakin melambat. Batas minimal untuk kinerja Android tanpa hambatan adalah kurang lebih dua puluh persen. Jadi bila smartphone memiliki kapasitas penyimpanan 8 GB, maka harus tersedia kurang lebih space berukuran 1 GB memori yang tidak terpakai agar proses meningkatkan kinerja smartphone bisa lebih lancar dan memberi ruang nafas bagi smartphone Anda.

5. Ketahui Ruang Kosong yang Terpakai Aplikasi

Kapasitas RAM yang tersedia akan memiliki pengaruh atas kinerja smartphone. Semakin tinggi RAM yang tersedia didalam smartphone maka semakin aman pula dari ‘lemot’. Terlebih Anda yang hobi bermain game.

Meningkatkan kinerja smartphoen akan menjadi langkah yang sangat penting apalagi yang berhubungan dengan kapasitas. Akan lebih baik  kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM diatas 2 GB. Jadi jika kalian akan menginstal sebuah aplikasi, sebelum itu kalian harus mengetahui apakah aplikasi tersebut menguras RAM atau tidak.

6. Menghentikan Proses Aplikasi di Belakang Layar

Beberapa perangkat Android memang memiliki kemampuan multitasking yang baik. Namun tetap saja kemampuan setiap perangkat ada batasnya, semahal apapun itu. Di Sistem operasi Android sebagian besar aplikasi memiliki ijin akses untuk berjalan di belakang layar atau menolak berhenti meskipun aplikasi sudah Anda tutup.

Alhasil, perangkat akan dipaksa untuk memproses semua perintah dalam waktu yang bersamaan saat itu juga, bahkan tak jarang ditambah dengan perintah baru yang datang dari pengguna saat membuka aplikasi atau game baru.

7. Restart Smartphone Secara Berkala

Cara ini paling mudah dilakukan dan sering digunakan oleh pengguna yang ingin meningkatkan kinerja smartphone. Dengan cara restart smartphone, kinerja smartphone akan menjadi fresh dimulai dari 0.

Semoga ulasan diatas membantu kamu mengatasi smartphone yang lemot ya.