Personal Computer gaming merupakan sebuah perangkat yang memiliki komponen lebih komplek dibandingkan PC biasa. Namun seringkali PC ini menjadi lebih ribet untuk mengoptimalisasi tugasnya agar tetap berjalan lancar.
Oleh karena itu, tips optimalisasi komputer untuk main game dibawah ini dijamin bisa mengatasi problem klasik tiap PC gaming ketika sedang digunakan. Simak ulasannya berikut
Optimalkan Setting yang Pas Ketika Memulai Game

Jika Komputer kamu memang tidak memiliki spesifikasi yang pas untuk bermain game, ada kemungkinan kinerjanya terhambat pada saat bermain game yang memiliki detail visual tingkat tinggi. Hal ini dikarenakan kualitas dari VRAM-nya masih kurang mumpuni untuk merunning game tersebut.
Salah satu hal yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara menurunkan settingan resolusi pada saat bermain game. Selain itu kamu juga bisa mengubah detail dan tekstur shader/shadow-nya. Konsekuensinya memang output grafis pada game akan menjadi lebih ‘buruk’.

1. Jaga Agar Suhu PC Tetap Dingin

Jika GPU kamu terlalu panas, mungkin kecepatan clock akan menjadi lebih rendah sehingga akan memengaruhi kinerja PC mu. Hal ini akan dapat menyebabkan game menjadi crash sehingga akan membuat umur PC milikmu menjadi semakin lebih pendek.
Untuk menjaga agar PC tetap dingin, sistem pendingin cair, gunakan heatsink, dan bisa menambah kipas eksternal agar PC milikmu tetap stabil suhunya.

2. Matikan semua Aplikasi yang Berjalan Kecuali Game yang Dimainkan

Akan sangat bagus jika kemampuan komputer yang ada, digunakan seluruhnya untuk bermain game. Tapi, pasti akan selalu ada beberapa proses kecil kecilan bawaan sistem operasi yang berjalan pada sistem, ditambah lagi dengan beberapa servis yang tidak bisa dimatikan.
Akan lebih baik jika meminimalkan atau menutup aplikasi yang berjalan namun tidak digunakan ketika kamu sedang bermain game. Dengan demikian kinerja CPU, RAM dan HDD akan menjadi lebih ringan untuk merunning game.

3. Memperbaharui Drivers VGA

Cara kerja PC ditentukan dari pembaharuan driver komponen yang ada didalam PC, driver tersebut bisa berbentuk software yang berjalan dalam sistem operasi.
Aplikasi tersebut berhubungan dengan perangkat keras/komponen pada PC kamu. Sangat penting bagi kamu untuk memasang driver tersebut, tujuannya agar driver yang merupakan sebuah jembatan dari hardware dan Operating System membuat kinerja komponen komputer menjadi lebih maksimal.
Pengguna juga harus memastikan jika driver tersebut dalam kondisi up to date. Dengan menggunakan driver terbaru, kinerja komponen akan menjadi lebih maksimal.
VGA besutan pabrik Nvidia dan AMD, biasanya menggunakan sistem pembaharuan driver secara otomatis untuk selalu menjaga versi terbaru dari VGA tersebut. Selain itu, tujuan pembaharuan driver adalah untuk memastikan bahwa VGA mampu merunning game terbaru yang berat.

4. Nonaktifkan Update Otomatis

Secara default, pembaruan otomatis sebuah game selalu dalam keadaan aktif. Sebenarnya Hal ini memiliki manfaat untuk Anda karena Anda bisa mendapatkan fitur dan keamanan secara update dan terbaru.
Tapi di sisi lain sistem update otomatis ini tidak bagus dan terkesan mengganggu jika diaktifkan pada komputer yang sedang digunakan untuk bermain game karena pasti akan memperlambat kinerja PC pada saat sedang digunakan untuk bermain game .
Tentu anda tetap harus melakukan Update,tapi updatelah ketika sedang tidak bermain game agar kinerjanya menjadi lebih lancar da komponen komputer akan lebih terfokus untuk mengeksekusi 1 tugas saja.
Sudah lebih paham tips optimalisasi komputer untuk main game? Semoga ulasan ini membantumu dalam mengatasi lag bermain game ya.