Terkadang Laptop milik kita sering sekali mengalami proses yang lemot. Hal ini dapat mengganggu pekerjaan yang sedang dikerjakan. Banyak penyebab yang membuat kinerja laptop/laptop menjadi lebih lambat.
Salah satunya mungkin terlalu banyak install program yang berat, game, atau bahkan terjangkit virus. Berikut ini ada tips untuk kamu dalam menangani laptop yang dan juga untuk meningkatkan kinerja laptop:

1. Membuang Sampah File

Lambatnya performa laptop bisa disebabkan karena kebanyakan file-file sampah. Apa itu file-file sampah? File sampah adalah file-file yang sudah tidak dibutuhkan atau jarang digunakan tetapi masih tersimpan di dalam harddisk.
Adanya file-file sampah tentu akan mengurangi sisa ruang dalam harddisk. Oleh sebab itu, kamu harus membersihkan hard disk dengan membuang file-file sampah yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

2. Defragmentasi Hard Disk

Jika kamu memiliki kamar tidur yang berantakan, pasti kamu akan merasa kesulitan untuk menemukan barang yang akan kamu butuhkan.
Demikian pula halnya dengan harddisk. Jika penataan data atau file didalam hard disk tidak disusun secara rapi, maka fungsi kinerja hard disk akan menjadi terganggu yang selanjutnya berpengaruh pada performa laptop menjadi lebih lambat.
Agar performa laptop menjadi optimal kembali, kamu harus melakukan defragmentasi hard disk. Tujuannya untuk mengatur dan merapikan isi hard disk. Defragmentasi hard disk merupakan salah satu cara pemeliharaan dan pengoptimalan kinerja hard disk laptop.

3. Menambah kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang berat lama kelamaan akan menurunkan kinerja pada laptop. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menambah RAM yang akan mempercepat kinerjanya dari laptop itu sendiri.
Jangan lupa juga untuk mengecek kapasitas Hard disk, jika menurutmu hard disk sudah hampir penuh dan kamu masih menginginkan untuk menambah file didalam harddisk, maka kamu juga harus menambah kapasitas dari hard diskmu dengan ukuran yang lebih besar. Lebih Bagus lagi jika kamu memiliki Harddisk eksternal untuk berjaga-jaga jika harddisk internal kamu penuh.

4. Mematikan Service yang Tidak Terpakai

Hal ini akan memerlukan sedikit pengetahuan yang berhubungan dengan dalaman laptop. Services merupakan program atau library yang dijalankan setiap kali laptop hidup. Bisa dicek melalui Control Panel, cari tombol Administrative Tools, kemudian klik Services.
Jika laptop tidak pernah digunakan untuk berinternet, ada beberapa service yang bisa di non aktifkan. Contohnya Windows Time serta beberapa service lainnya ( bisa dicek keterangannya). Tapi kamu perlu berhati-hati, jika salah klik bisa menyebabkan beberapa fungsi windows jadi tidak berjalan.

5. Selalu Pasang Antivirus

Pastikan didalam laptopmu sudah menginstal antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus menyebabkan kinerja laptop menjadi lebib lambat, bahkan juga dapat merusak data/ file kita. Selain itu kamu harus menginstal antivirus yang up to date yang memiliki database virus terbaru.

6. Rajinlah Maintenance Laptop Dari Segi Hardware ataupun Software

Hardware
sering2 bersihkan bagian port atau colokan USB, Charger, VGA, HDMI, LAN, dan ventilasi udara kipas, juga pada monitor/lcd laptop kalian juga harus sering dibersihkan, selain menjaga kebersihan itu juga dapat mengurangi debu yang masuk kedalam keyboard jika sering dibersihkan. Bersihakan dengan alat yang lembut dan aman untuk komponen laptop.

Software
Sering seringlah mengupdate aplikasi apapun yang terinstall pada laptop kalian> Update lah secara rutin jika update nya sudah tersedia. update software laptop meliputi aplikasi multimedia, aplikasi utility, drivers, security, office, OS dan lain sebagainya. intinya update semua aplikasi dilaptop kamu mengikuti versi paling baru.