Laptop gaming memang telah dirancang dengan spesifikasi tinggi. Tujuannya agar penggunanya bisa memainkan game game berat dengan durasi yang lama dan tanpa harus mengalami lag. Itulah yang membuat performa dan perawatan Laptop gaming berbeda dengan Laptop biasa.
Walaupun spesifikasi Laptop gaming sudah memadai, pengguna tetap perlu melakukan perawatan atau maintenance. Tujuannya adalah agar Laptop gaming bisa tetap awet dan terus bekerja secara optimal ketika sedang digunakan.
Jangan anggap remeh perawatan Laptop gaming ini. Jika tidak dilakukan secara rutin akan membuat kinerja Laptop gaming menjadi terganggu dan akhirnya akan rusak. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana tips-tips sederhana namun vital dalam merawat Laptop gaming. inilah cara-caranya:
1. Rutin Membersihkan Debu
Tips satu ini mungkin terdengar paling basic, tetapi fakta tidak sedikit orang yang masih menyepelekannya. Sama seperti mesin lain yang memiliki bagian ventilasi, debu pasti akan masuk kedalam Laptop gaming kamu.
Seiring dengan berjalannya waktu, jika dibiarkan, debu dan kotoran akan menumpuk di dalam perangkatmu dan menutupi komponen-komponen penting di dalamnya. Akibatnya, Laptop kamu akan mengalami kesulitan dalam mengalirkan udara sehingga bisa mengakibatkan overheating.
2. Jangan Dipakai diatas Kasur
Siapa yang masih sering melakukan hal semacam ini? Menaruh Laptop diatas kasur sembari digunakan (apalagi dalam waktu lama) dapat menghambat sirkulasi udara didalam Laptop. Akibatnya hardware Laptop akan menjadi overheat, akhirnya laptop akan mengalami kegosongan komponen.
Hal itu akan terjadi jika Anda menggunakan Laptop diatas kasur atau dengan permukaan tempat-tempat yang tidak datar akan menghambat keluarnya udara, sehingga udara panas yang dihasilkan oleh Laptop tersebut tidak bisa keluar yang akan berakibat mengganggu kinerja hardware dari Laptop itu sendiri. Lama kelamaan hal ini akan berakibat membuat perangkat keras itu rusak.
3. Selalu Menggunakan Driver Terbaru
Bagi Anda gamer yang kecanduan bermain game di Laptop gaming, Anda perlu rutin untuk selalu menginstal driver terbaru. Hal ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap bug yang ada pada driver versi sebelumnya. Jadi penting sekali untuk selalu mengupdate driver hardware secara rutin. Contohnya dengan melakukan update driver video card yang merupakan produsen dari driver video ATI dan Nvidia.
Rajin mengecek mengupdate driver video card terbaru memang cara terbaik untuk memaksimalkan kinerja Laptop gaming.Hal itu guna mengantisipasiketika saat membeli Laptop gaming baru, ternyata driver dalam paket tersebut bukan driver terkini.
4. Uninstall Aplikasi/Software yang Jarang Digunakan
Setiap space yang tersisa pada Harddisk Laptop sangatlah berharga. Kamu bisa menggunakan space tersebut untuk menginstal game yang ingin kamu mainkan. Terlebih jika kamu tidak memiliki harddisk berukuran besar. Tentunya kamu harus tetap melakukan pertimbangan ekstra dalam memilih game untuk diunduh dengan kapasitas Laptop gaming yang kamu miliki.
Oleh sebab itu, sebaiknya hapus software yang tidak terpakai di Laptop gaming anda. Termasuk juga beragam aplikasi instalan bawaan yang biasanya sudah ada sejak kamu membeli Laptop.
5. Sebisa Mungkin Memasang Baterai
Hal yang penting dari perangkat portable adalah keberadaan baterai. Baterai berguna untuk memberi daya ke perangkat portable agar dapat hidup. Untuk penggunaan laptop, usahakan untuk selalu menggunakan baterai. Jangan langsung menghubungkan kabel charger dengan laptop ketika baterai tidak dipasang.
Mengapa harus selalu dipasang baterainya ? Hal itu bertujuan untuk menetralisir tegangan listrik yang masuk dari aluran listrik langsung sehingga perangkat laptop bisa mendapat tegangan listrik yang pas sesuai dengan takarannya.
Sudah paham bagaimana cara merawat laptop untuk bermain game? Semoga ulasan ini bisa membantu kamu memahami bagaimana kinerja laptop gaming ketika sedang digunakan.